Iklan

Bebas Error 100% Cara Mudah dan Aman Membuat Akun VM VirtualBox (VHD, VDI, VMDK)

Posted by Thek2 on me

virtualbox UNBK UAMBNBK USBN

Pada tutorial sebelumnya admin pernah membahas  Mengatasi Error UUID Already Exists Pada Virtual Box - VM UNBK Saat membuat Account Virtual Machine Lebih dari satu.
Pada saat membuat Account Virtual Machine pertama kali, secara otomatis Set Id UUID (Universally Unique Identifier) akan di arahkan pada lokasi Direktori Virtual Hardisk yang di gunakan. Maka ketika akan membuat VM baru dengan Virtual Hardisk (VHD, VDI, VMDK) yang berbeda dan lokasi directory yang berbeda maka akan terjadi Error UUID Already Exist.
System ujian saat ini rata-rata sudah menggunakan Mesin Virtual (Virtual Machine) yang di dalamnya sudah tertanam OS dan Aplikasi yang di gunakan untuk ujian. Persiapan sebelum ujian utama di adakan Ujian Simulasi untuk menguji system Brainware, Hardware dan Sofware.
Pada saat persiapan inilah Proktor sering Bongkar Pasang Virtual Machine. Ketika simulasi UNBK pasang VHD, saat UAMBNBK, USBN, Tryout pasang VDI. Asumsinya akun VM yang terdapat di Vitual Box ada 4.  Jika dalam system pembuatan VM  di lakukan dengan bongkar pasang (hapus yang lama buat baru) cara ini kurang efektif. Cara yang lumayan efektif menambah VM dengan membuat yang baru, tapi cara ini sering error UUID harus set lokasi HDUUID setiap pembuatan VM baru. Dimana caranya masih kurang familiar karena menggunakan OS DOS dengan penulisan Syntax yang susah di ingat.
Di tambah lagi UAMBNBK dan USBN menggunakn VDI dg system yang sama dan Chace-nya nempel lama di browser. Dimana Proktor harus rajin membersihkan History, cookies dan chace setiap mau mengubah Ujian dari UAMBNBK ke USBN dan sebaliknya.  
Solusinya...!
Cara yang paling mudah dan 100% aman adalah membuatkan User Account Windows (type Administrator) tersendiri pada setiap jenis ujian.
Kenapa aman...? karena account Vitrual Machine di simpan pada masing-masing Local User Yang Aktif. Jadi tidak akan terjadi Crash antara Accout VM yang beda user. Virtual Box di instal pada user utama/pertama.
Langkah-Langkah pembuatan User Baru (contoh windows 10)
Langkah 1 : Klik pada tombol Start windows dan pilih Settings > Account
virtualbox UNBK UAMBNBK USBN
Langkah 2 : Pilih Family and other users.
Langkah 3 : Klik Add someone else to this PC di bawah Other users.
virtualbox UNBK UAMBNBK USBN

Langkah 4 : Kemudian Klik I don’t have this person’s sign-in information. 
Langkah 5 : Klik Add a user without a Microsoft account.
cara mudah membuat akun virtual machine VHD HDI virtualboxLangkah 6 : Ketik nama akun pengguna baru dan kemudian password.
Misal: untuk UNBK buatlah nama akun UNBK

cara mudah membuat akun virtual machine VHD HDI virtualbox
Langkah 7: Sekarang log out dari account pengguna saat ini dan kamu dapat melihat akun pengguna baru di bagian kiri bawah layar Windows 10 login.


Selesai, sekarang masukkan password login dan sekarang kamu dapat mengakses akun user yang baru dibuat.
Buatlah Account VM sesuai nama user yang telah di tentukan.
Misal ada 4 jenis test : UNBK, UAMBNBK, USBN, TRYOUT
Berarti membuat User Account Windows sebanyak kebutuhan Test

Berikut Video Tutorial Membuat Akun di Windows 10



The K2

Previous
« Prev Post

Post Terkait

2:34 PM

0 komentar:

Posting Komentar

1. Silahkan berkomentar yang bijak dan santun.
2. Penggunaan link aktif akan terhapus otomatis.
3. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab
Trims for visiting and the commen #thekolat

Free counters!